Jawaban essay Malik (21)

 1. Apakah tujuan belajar analisis data? (5)

dengan belajar analisis data, kamu mampu mengakses, mengolah, mengelola serta menganalisis data, secara efisien, terstruktur, dan sistematis. Dengan ini, kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual. 


2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis? (5)

Dengan menggunakan fitur Vlookup dan Hlookup. Kegunaan fitur tersebut untuk mencari nilai pada suatu baris/kolom tertentu.


3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu! (5)

VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan suatu fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup. VLookup dan HLookup dapat digunakan untuk mencari nilai pada suatu baris/kolom tertentu. Huruf V pada Vlookup menunjukkan arti vertical (menurun ke bawah), maka digunakan untuk mencari data vertikal, sedangkan Huruf H pada Hlookup menunjukkan arti horizontal (ke samping kanan) maka digunakan untuk mencari data horizontal.


4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table? (5)

PivotTable merupakan alat untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan kamu melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda.


5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS? (5)

Fungsi SUMIFS adalah untuk menambahkan semua argumennya yang memenuhi beberapa kriteria, sedangkan Fungsi COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel melalui beberapa rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi.


6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data? (5)

peringkasan data adalah suatu cara untuk membuat data yang dipunyai menjadi lebih singkat dan simple. Tujuan peringkasan data adalah untuk menyederhanakan data agar dapat diperoleh informasi yang sesederhana mungkin tentang data tersebut.


7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8? (5)

Dengan menguasai Analisis Data, kita dapat menemukan jalan keluar dalam permasalahan yang dihadapi dan juga dapat membuat keputusan untuk perkembangan kita sendiri, serta pengambilan keputusan harus berdasarkan dengan data yang ada, oleh itulah mengapa data analisis sangat dibutuhkan.


8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel? (5)

1. Klik tab 'Insert'

2. Klik 'Table'

3. pilih area yang akan dibuat tabel

4. Data otomatis akan menjadi grafik.


9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data? (5)

pencarian data merupakan suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.


10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data? (5)

Visualisasi data merupakan rangkaian proses untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk yang agar mudah dipahami, seperti grafik, angka dan lain sebagainya.


11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data? (5)

Pengelolahan data adalah proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.


12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ? (5)

lookup merupakan salah satu fungsi pencarian dan referensi yang digunakan untuk mencari dan menampilkan data dari suatu baris atau kolom referensi berdasarkan nilai tertentu.


13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya? (5)

Fungsi MATCH digunakan untuk mencari posisi sebuah nilai dalam sebuah range. Fungsi CHOOSE digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam sebuah list berdasarkan posisi yang diberikan. Fungsi INDEX digunakan untuk mencari tahu nilai atau referensi sebuah cell dengan memasukkan informasi nomor baris dan kolom. ketiga fungsi tersebut dapat digunakan ketika kamu menggunakan excel, apalagi ketika mencari suatu nilai tertentu.


14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian dalam meringkas data? (5)

jika kamu dapat menggunakan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS dengan benar, maka fungsi tersebut dapat memudahkan kamu dalam meringkas data.


15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih sulit digunakan? (4)

SUMIFS, dikarenakan fungsi tersebut lebih sulit digunakan daripada COUNTIFS


16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan! (5)

iya, karena Absolute Cell Reference adalah type referensi sel tetap (terkunci) yang ditandai dengan lambang dollar ($)


17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini? (5)

materi ini lumayan sulit, tetapi jika kamu mengerti apa yang harus dilakukan, maka materi ini dapat membuat kamu merasa senang


18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara unplugged (tanpa komputer)? (5)

tanpa komputer, maka akan lebih sulit mencari informasi yang penting, itulah yang membuat belajar unpluggged lumayan sulit.


19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel! (4)

Arti pivot di KBBI adalah: putaran, untuk hubungannya? who knows!


20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini? (5)

iya, salah satunya untuk memudahkan pengumpulan data.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malik's experience at OMG (orang tua menjadi guru)

20 Soal ulangan harian Malik Raharsa Ali (21)