pengertian vlookup dan hlookup

VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan suatu fungsi Excel yang dapat dikategorikan sebagai Lookup. Lookup dapat digunakan untuk mencari nilai pada suatu baris/kolom tertentu. Huruf V pada Vlookup menunjukkan arti vertical (menurun ke bawah), maka digunakan untuk mencari data vertikal, sedangkan Huruf H pada Hlookup menunjukkan arti horizontal (ke samping kanan) maka digunakan untuk mencari data horizontal

Rumus vlookup dan hlookup akan terlihat seperti:

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup])

  • lookup_value pada rumus vlookup dan hlookup merujuk pada cell yang dijadikan kata kunci atau dasar untuk mencari data
  • table_array pada rumus vlookup dan hlookup merujuk pada sumber data yang akan dicari berdasarkan lookup value
  • col_index_num pada rumus vlookup merujuk pada urutan kolom yang akan dilihat hasilnya. Biasanya diisi dengan angka, dan diurutkan dari kolom kiri ke kolom kanan atau A, B, C, D, dst.
  • row_index_num pada rumus hlookup merujuk pada urutan baris yang akan dilihat hasilnya. Biasanya diisi dengan angka, dan diurutkan dari baris atas ke baris bawah atau 1, 2, 3, 4, dst.
  • range_lookup pada rumus vlookup dan hlookup merujuk pada argumen yang didefinisikan. Ditunjukkan dengan adanya nilai True dan nilai False.
contoh penggunaan vlookup dan hlookup untuk Menghitung Gaji pokok


video dibawah ini juga dapat menjelaskan vlookup dan hlookup


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Malik's experience at OMG (orang tua menjadi guru)

20 Soal ulangan harian Malik Raharsa Ali (21)

Jawaban essay Malik (21)